Ide Bisnis #2: Membuat Konten Cara Penggunaan Software Open Source di Youtube

Youtube memang menjadi TV digital bagi hampir semua orang. Yang lebih penting lagi, bagi content creator-nya, Youtube bisa menjadi sumber uang. Beberapa bulan terakhir semenjak WFH, saya menjadi lebih sering lagi nonton Youtube (tentunya after office hour, ya. Hehehe) dengan konten podcast, Covid-19 atau hal-hal yang berbau spiritual. Dari sini kemudian saya mendapatkan ide menarik untuk dapat dicoba.

Kali ini saya ingin berbagi tentang ide bisnis yang kedua: membuat konten cara penggunaan software atau aplikasi open source. Karena saya menggunakan OSPOS dan mencoba beberapa aplikasi open source lain, kendala utama saat menggunakan aplikasi open source adalah tidak adanya cara penggunaan yang jelas dan detail sehingga kita perlu mencari tahu sendiri, mencoba sendiri yang akhirnya membuat kita paham tentang proses yang ada di dalamnya. Bahasa kerennya: trial and error. Kalaupun ada, biasanya tidak detail atau bentuknya forum sehingga cara penggunaan hanya berdasarkan pertanyaan atau masalah yang muncul.

Dengan tetap mengedepankan semangat open source, kita bisa membantu orang lain untuk menggunakan aplikasi open source tertentu sekaligus mendapatkan uang dari monetize yang ada di Youtube. Menurut saya, membuat konten cara penggunaan software open source di Youtube merupakan peluang yang kita bisa lakukan untuk bisa mendapatkan uang sekaligus mendapatkan pahala karena berbagi dengan sesama.

Silahkan mencoba, atau hubungi saya untuk berdiskusi.
Semoga bermanfaat

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengambil File di Folder Cache Google Chrome Browser pada Windows XP

Cara Membuka File Laporan SPT Tahunan dengan Ekstensi XFDL

Apartemen Murah di Singapura

OSPOS: Aplikasi Kasir Gratis Berbasis Open Source untuk UMKM

Cozy Copy 24: Sarana Mencetak yang Murah dan Sewaktu-waktu

Cara Attach File pada File PDF

Masalah OS Mikrotik Versi 5.11 pada RB450G

"Waiting to Join" BBM Grup yang Mengganggu

Hati-hati dalam Menggunakan Software Pembagi Partisi

70 tahun Indonesia Merdeka