Cara Membuka File Laporan SPT Tahunan dengan Ekstensi XFDL

Sudah menjadi kebiasaan bagi pekerja maupun pengusaha yang berstatus PKP (Pengusaha Kena Pajak) untuk melaporkan Pajak tahunannya/ SPT di awal tahun, maksimal sampai dengan 31 Maret pada tahun berjalan. Karena saya adalah pekerja atau karyawan, saya juga melakukan hal yang sama. Jujur, membuat laporan SPT adalah hal yang paling malas saya lakukan. He he he.

Jika kita cermati, laporan SPT online sebelum 2019 kita menggunakan eForm yang output-nya selain kita mendapatkan Bukti Penerimaan Elektronik (BPE), kita juga mendapatkan sebuah file berektensi XFDL yang didalamnya merupakan data laporan SPT kita. Nah, seringkali kita tidak tahu cara membukanya, termasuk saya. Beberapa waktu yang lalu ketika saya membuat laporan SPT saya tahun 2018, karena ada beberapa hal yang saya perlu cek ulang. Saya coba membuka file berektensi XFDL tersebut dengan berbagai aplikasi namun tidak bisa dibuka. Setelah googling, akhirnya saya menemukan referensi dari website Kementrian Pajak - Direktorat Jendral Pajak pada link ini. Di halaman web tersebut ada aplikasi yang dapat membaca file dengan ekstensi tersebut.

Untuk membuka aplikasi dengan ekstensi XFDL, kita bisa membukanya dengan aplikasi bernama IBM Forms Viewer. Silahkan download aplikasi tersebut di sini.

Semoga bermanfaat.




Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengambil File di Folder Cache Google Chrome Browser pada Windows XP

Apartemen Murah di Singapura

OSPOS: Aplikasi Kasir Gratis Berbasis Open Source untuk UMKM

Cozy Copy 24: Sarana Mencetak yang Murah dan Sewaktu-waktu

Cara Attach File pada File PDF

Masalah OS Mikrotik Versi 5.11 pada RB450G

"Waiting to Join" BBM Grup yang Mengganggu

Hati-hati dalam Menggunakan Software Pembagi Partisi

70 tahun Indonesia Merdeka